Jenis jenis diet pada klien batu ginjal

Memberikan makanan secukupnya tanpa memberatkan fungsi ginjal. Pencegahan Setelah batu dikelurkan, tindak lanjut yang tidak kalah pentingnya adalahupaya mencegah timbulnya kekambuhan. Batu asam urat ini adalah tipe batu yang dapat dipecah dengan obat-obatan.

Batu ginjal atau kandung kemih ini banyak diderita pada penduduk Afrika dan Asia, termasuk Indonesia dibandingkan dengan penduduk Amerika dan Eropa.

Manifestasi obstruksi pada saluran kemih bagian bawah adalah retensi urine atau keluhan miksi yang lain sedangkan pada batu saluran kemih bagian atas dapat menyebabkan hidroureter atau hidrinefrosis.

Keadaan hipositraturia dapat terjadi pada penyakit asidosis tubuli ginjal, sindrom malabsorbsi atau pemakaian diuretik golongan thiazide dalam jangka waktu lama. Faktor tejadinya batu kalsium adalah: Diet ginjal yang membatasi asupan protein, garam, kalium, phosphor dan air semakin menyebabkan malnutrisi dan rendahnya intake makanan.

Demam dan mengigil Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi di saluran kemih yang disebabkan oleh iritasi batu ginjal. Mengatasi anoreksia.

Selain itu, kelemahan dari metode ini adalah infeksi pada cavitas peritoneal akibat dari kateter peritonitispenjendalan darah pada kateter sehingga dapat menghambat kateter, perpindahan kateter dan abdominal hernia akibat dari volume dialysat.

Penyebab terbentuknya batu saluran kemih diduga berhubungan dengan gangguan aliran urine, gangguan metabolik, infeksi saluran kemih, dehidrasi dan keadaan-keadaan lain yang masih belum terungkap idiopatik Secara epidemiologis terdapat beberapa faktor yang mempermudah terjadinya batu saluran kemih yang dibedakan sebagai faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

Namun, jika timbul gejala, maka nyeri adalah masalah utama. Diberikan pada pasien dengan berat badan 50 kg. Asam urat dalam urine dapat bersumber dari konsumsi makanan kaya purin atau berasal dari metabolisme endogen. Dalam urine, sitrat bereaksi dengan kalsium membentuk kalsium sitrat sehingga menghalangi ikatan kalsium dengan oksalat atau fosfat.

Faktor tejadinya batu kalsium adalah: Kolesterol dibatasi kurang lebih. Batu besar akan dihancurkan dengan semacam logam panjang yang disertai energi ultrasonik atau elektrohidrolik, atau laser litrotriptor, agar menjadi serpihan batu. Saran bagi keluarga penderita: Medikamentosa Beberapa diet yang dianjurkan untuk untuk mengurangi kekambuhan adalah: Hematuria Adanya gesekan antara batu ginjal dengan saluran kemih yang dilewati akan menyebabkan darah ikut keluar bersama urin atau sering disebut dengan hematuria.

Teori matriks: Batu ginjal sering kali tidak menimbulkan gejala. Jenis kelamin; jumlah pasien pria 3 kali lebih banyak dibanding pasien wanita.

Pada umumnya orang yang menjalani diet ketat supaya langsing. Peningkatan sekresi hormon aldosteron dapat membantu mencegah peningkatan kadar kalium serum tetapi dapat menyebabkan hipertensi. Sedangkan pada pasien yang dihemolisis dengan menggunakan metode CAPD, sekitar kalori dari dekstrose dalam larutan diasylate.

Asuhan Keperawatan (askep) pada pasien dengan batu ginjal

Batu saluran kemih dapat diketemukan sepanjang saluran kemih mulai dari sistem kaliks ginjal, pielum, ureter, buli-buli dan uretra. Akibat turunnya GFR, peningkatan aktivitas oleh beberapa nefron menjadi hal yang penting dalam ekskresi elektrolit.

Terbentuknya batu tersebut diperkirakan terkait dengan kadar kalsium yang tinggi di dalam urine atau darah dan akibat dari dehidrasi. Setidaknya minumlah 2 liter air dalam sehari agar volume urine bertambah dan mengurangi konsentrasi mineral dan garam.Di Amerika prevalensi batu ginjal bervariasi tergantung ras, jenis kelamin dan lokasi robadarocker.com ginjal atau kandung kemih ini banyak diderita pada penduduk Afrika dan Asia, termasuk Indonesia dibandingkan dengan penduduk Amerika dan Eropa.

Beban ekonomi akibat penyakit ini sangat besar. Di USA tahun biaya total untuk pengobatan penyakit ini 2,1 milyar dolar, meliputi juta dolar. ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN BATU GINJAL KONSEP MEDIS Pengertian Batu ginjal merupakan batu saluran kemih (urolithiasis), sudah dikenal sejak zaman Babilonia dan Mesir kuno dengan diketemukannya batu pada kandung kemih mummi.

- Diet rendah purin - Diet rendah kalsium - Diet rendah oksalat - Diet rendah kalsium/fosfat Rasional: Jenis diet yang diberikan disesuaikan dengan tipe batu yang ditemukan. Diskusikan program obat-obatan, hindari obat yang dijual robadarocker.com: Doni Ice.

Seperti gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, penyakit ginjal tahap akhir (gagal ginjal terminal), sindroma nefrotik dan batu ginjal.

Mengingat fungsi ginjal telah terganggu, penatalaksanaan diet difokuskan pada pengaturan dan pengendalian asupan energi, protein, cairan dan elektrolit natrium, kalium, kalsium dan fosfor.

1 BAB II DIET PADA PENYAKIT GINJAL PENGERTIAN GAGAL GINJAL Ginjal. Batu ginjal merupakan batu saluran kemih (urolithiasis), sudah dikenal sejak zaman Babilonia dan Mesir kuno dengan diketemukannya batu pada kandung kemih mummi.

Batu ginjal adalah batu yang terbentuk di tubuli ginjal kemudian berada di kaliks, infundibulum, pelvis ginjal dan bahkan bisa mengisi pelvis serta seluruh kaliks ginjal dan merupakan batu slauran kemih yang paling sering terjadi (Purnomo,hal.

).Author: Muhammad Husni.

Jenis jenis diet pada klien batu ginjal
Rated 3/5 based on 93 review