Obesitas dan penyakit periodontal

Both obesity and periodontitis have been recognized as a major risk factor for a number of systemic diseases. Beberapa faktor lain turut berperan secara tidak langsung dengan cara memfasilitsasi penumpukan dan perkembangbiakan bakteri plak. Masyarakat perlu diberi pemahaman bahwa obesitas tidak hanya berdampak pada kesehatan umum saja seperti diabetes mellitus dan hipertensi, tetapi juga kesehatan periodonsiumnya.

Seringkali sulit untuk memisahkan faktor gaya hidup dengan faktor genetik. Prosesus ini sebagian bergantung pada gigi dan setelah tanggalnya gigi akan terjadi resorpsi tulang. Penyakit gingiva disebabkan oleh plak gigi Gingivitis dihubungkan dengan pembentukan plak gigi adalah bentuk paling umum dari penyakit gingival.

Penambahan ukuran atau jumlah sel-sel lemak atau keduanya menyebabkan bertambahnya jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. Materi alba Merupakan deposit lunak berwarna kekuningan atau keputihan, dapat ditemukan pada rongga mulut yang kurang terjaga kebersihannya.

Obesitas ringan: Dengan demikian, masalah obesitas bukan merupakan masalah kesehatan umum saja, tetapi juga merupakan masalah kesehatan mulut, khususnya kesehatan periodonsium. Sindroma Cushing c.

Lebih keras daripada kalkulus supragingiva. Secara klinis plak merupakan lapisan bakteri lunak yang tidak 12 P a g e terkalsifikasi, menumpuk, dan melekat erat pada gigi dan objek lain di dalam mulut, misalnya restorasi.

Obesitas atau kegemukan berperan menjadi faktor resiko yang besar dari penyakit kronis, termasuk hipertensi dan stroke, penyakit-penyakit kronis mulut dan berbagai bentuk kanker. Bertitik tolak dari adanya kaitan antara obesitas dengan diabetes mellitus, khususnya tipe2, yang dapat menjadi faktor resiko penyakit periodontal.

BMI merupakan rasio berat badan dalam kilogram kg dengan kuadrat tinggi badan dalam milimeter mm. Perlunya keterlibatan dokter gigi dalam penanganan masalah obesitas ini didasarkan pada asusmsi bahwa terjadinya obesitas adalah lebih disebabkan pengabaian akan masalah kesehatan, demikian juga penyakit periodontal adalah pengabaian kebersihan mulut.

Periodontitis kronis adalah penyakit infeksi yang ditandai dengan adanya inflamasi pada jaringan pendukung gigi, kehilangan perlekatan dan kehilangan tulang. Bakteri plak merupakan penyebab utama terjadinya penyakit periodontal berupa inflamasi seperti periodontitis kronis.

Faktor psikis.

OBESITAS DAN PENYAKIT PERIODONTAL OBESITAS MERUPAKAN

The effect of non-surgical periodontal therapy on systemic immune response and blood glucose level of NIDDM patients. Orang-orang yang tidak aktif memerlukan lebih sedikit kalori.

Hubungan Antara Obesitas Pada Bagian Perut Dan Tubuh

Faktor perkembangan. Diabetes Mellitus and PeriodontalDisease. Gagal jantung f. Faktor lingkungan.Profesor Roger Hart mengatakan dalam pertemuan tahunan Masyarakat Eropa Reproduksi Manusia dan Embriologi bahwa efek negatif dari penyakit gusi pada konsepsi adalah.

Hubungan Antara Obesitas Pada Bagian Perut Dan Tubuh by chairante. Penyakit Periodontal dan Penyakit Kardiovaskuler. Pasien dengan penyakit gusi yang mengalami gusi berdarah harus lebih berhati-hati karena darah yang keluar dapat membawa bakteri pathogen dalam gigi dan mulut kemudian ikut masuk ke aliran darah melalui jantung.

O Scribd é o maior site social de leitura e publicação do mundo. Obesitas atau kegemukan berperan menjadi faktor resiko yang besar dari penyakit kronis, termasuk hipertensi dan stroke, penyakit-penyakit kronis mulut dan berbagai bentuk kanker. Para peneliti menemukan bahwa prevalensi penyakit periodontal pada individu dengan obesitas yang berumur tahun adalah 76% lebih tinggi daripada individu dengan berat normal pada kelompok umur yang.

Dua faktor resiko penyakit periodontal yang dikenal selama ini adalah kebiasaan merokok dan diabetes mellitus. Obesitas atau kegemukan berperan menjadi faktor resiko yang besar dari penyakit kronis, termasuk hipertensi dan stroke, penyakit-penyakit kronis mulut dan berbagai bentuk kanker.

Obesitas dan penyakit periodontal
Rated 3/5 based on 26 review